Youtuber Ichsan Maulana Bedah Film Tilik Bersama Akbar Rafsanjani

0
694

Ruangredaksi.com, Banda Aceh – Youtuber asal Aceh Ichsan Maulana melalui channelnya dalam segmen #ngobrolinspiratif mengupas film pendek asal Yogyakarta berjudul Tilik yang belum lama ini menjadi perbincangan warganet.

Sejak diunggah perdana lewat akun YouTube Ravacana Films pada 17 Agustus 2020 lalu, “Tilik” telah ditonton lebih dari 14,7 juta kali.

Film garapan Wahyu Agung Prasetyo itu mengangkat realitas sosial; dunia perghibahan, hoax juga politik praktis. Mengambil latar Jogjakarta, film ini disambut hangat oleh masyarakat. Digarap dengan sederhana, tapi mampu mengikat emosi para penonton. Namun, di luar apresiasi tersebut bahkan beberapa kali trending di twitter, Film Tilik juga dianggap bermasalah. Salah satunya adalah stereotipe, serta ending film yang agaknya mengangkangi film statment itu sendiri. 

Nah bagaimana menduduk soalkan Film Tilik? Berikut diulas langsung oleh pakar film pendek asal Aceh, Akbar Rafsanjani. Akbar sendiri merupakan programer di Minikino.org dan juga tercatat sebagai Programer Aceh Documenter Competition (ADC). Minikino adalah organisasi festival film pendek dengan jaringan kerja internasional. Menurut Akbar, Film Tilik behasil mengikat emosi penonton. Selain itu, film tersebut juga seakan menampar realitas sehari-hari masyarakat indonesia.

“Kekuatan Film Tilik ya ditonton banyak orang. Dari sisi konten, Film Tilik berhasil membawa masyarakat (di Jogjakarta) ke medium film. Ketika masyarakat menonton film tersebut dan merasa dekat dengan mereka, itu adalah kekuatan selanjutnya dari film tersebut,” jelas Akbar, Rabu (26/08).

Di sisi lain, dalam kacamata ekosistem film, Tilik juga memiliki kekurangan. Kata Akbar, Tilik ibarat dua mata pisau bedah yang berbeda; emosi dan argumen. Dalam amatannya, kebanyakan masyarakat di dunia maya menilai Film Tilik dari emosi, jarang mereka masuk ke layer kedua untuk membedah argumen dari sisi film maker.

“Beruntung Film Tilik ini bisa viral. Padahal film-film sebelumnya milik Wahyu (sutradara Tilik) juga ada di Youtube, tapi tidak seviral Tilik,” bebernya.

Nah bagaimana keseruan #ngobrolinspiratif antara Ichsan Maulana dan Akbar Rafsanjani ini? simak videonya langsung di channel Ichsan Maulana.

Untuk diketahui, Ichsan Maulana merupakan seorang youtuber dari Aceh yang namanya sedang naik daun. Dari tiga segmen yang dihadirkan di channelnya; ngobrol inspiratif, bincang bola dan review buku, bincang bola menjadi primadona. Selama ini, youtuber yang berlatar belakang jurnalis itu juga berkecimpung di dunia research. Selain itu, Ichsan juga kerap menjadi moderator. []

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here