Usman Hamid dari Amnesty Internasional Puji Nelayan Aceh

0
229
pengungsi Rohingya dievakuasi oleh penduduk setempat di pesisir Aceh Utara, Indonesia, 25 Juni 2020 di foto ini yang diambil oleh antara foto. Antara foto/Rahmad/melalui REUTERS

Ruangredaksi.com, Lhoksukon – Kemauan para nelayan Aceh untuk menyelamatkan para pengungsi Rohingya dipuji oleh Amnesty Internasional. “Diselamatkannya pengungsi Rohingya adalah momen optimisme dan solidaritas,” kata Direktur Eksekutif Indonesia Usman Hamid dalam sebuah pernyataan.

“Ini adalah sikap terpuji dai masyarakat Aceh yang berani mengambil risiko. Akhirnya anak-anak, perempuan dan laki-laki ini dapat dibawa ke pantai. Mereka telah menunjukkan yang terbaik dari kemanusiaan,” paparnya.

Usman Hamid, Direktur Eksekutif Indonesia Amnesty Internasional

Sekitar satu juta Rohingya tinggal di kamp-kamp pengungsi di Bangladesh, setelah melarikan diri dari rumah mereka di Myanmar pada tahun 2017 lantaran penumpasan militer yang brutal.

Konflik yang berkelanjutan di negara bagian Rakhine, Myanmar barat, tempat ratusan ribu warga Rohingya masih tinggal, diperkirakan akan dibahas dalam KTT virtual Jumat dengan 10 negara anggota Perhimpunan Bangsa Bangsa Asia Tenggara (ASEAN).

Human Rights Watch mengatakan pada hari Jumat bahwa ASEAN harus segera mengambil rencana konkret untuk mengatasi krisis.

Indonesia dan negara tetangga Malaysia adalah tujuan favorit bagi pengungsi Rohingya, dengan ribuan orang membayar penyelundup untuk perjalanan berbahaya melintasi Samudra Hindia setiap tahun.

Malaysia menjadi negara dengan pengungsi Rohingya terbesar kedua setelah Bangladesh. Indonesia yang juga mayoritas Muslim telah mengizinkan pengungsi Rohingya untuk tinggal.

Sebelumnya seperti diberitakan pada sejumlah media, bahwa aksi mulia ditunjukkan oleh para nelayan di Aceh kala menyelamatkan hampir 100 orang pengungsi Rohingya dari kapal yang telah rusak.

Keberanian para nelayan di Aceh ini sekaligus menunjukkan aksi kemanusiaan dan menentang penolakan yang dilakukan oleh pemerintah setempat untuk menyelamatkan para pengungsi Rohingya itu.

Setidaknya ada 94 orang pengungsi Rohingya termasuk 30 anak-anak yang diselamatkan oleh para nelayan pada Kamis 25 Juni 2020 lalu. []

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here