Rapper Haiqal Ibrahim Rilis Lagu “Chip”, Terinspirasi Dari Para Slotters Game Domino

0
5331
Source Instagram @haiqal_ibrahim

Lam ule toh chip saboh B, saboh B
Singgoh cok laen ta pike, ta pike
Yang peunteng keu ngoen bi sabee, bi sabee
Ta ingat bacut keu mate, keu mate

Itulah sepenggal lirik dari lagu Karya Rapper asal Aceh, Haiqal Ibrahim yang berjudul “Chip”

Ruangredaksi.com, Bireuen – Rapper sekaligus producer musik asal Aceh Haiqal Ibrahim a.k.a Gembul merilis lagu baru berjudul “Chip”, yang terinspirasi dari keresahannya dengan semakin menjamur para slotters (pemain game slot) game domino online yang kian marak di Bumi Serambi Mekkah.

Sejak diunggah perdana lewat akun YouTube Haiqal Ibrahim pada 9 September 2020 lalu, “Chip” telah ditonton lebih dari 39 ribu kali dan mendapat berbagai macam komentar dari para subscribe dan warganet. Bahkan dari hasil penelusuran ruangredaksi.com, video klip “Chip” sudah di Reaction oleh berbagai youtuber mulai dari Indonesia hingga Malaysia.

“Alhamdulillah kalo memang lagu ini viral, semoga ada manfaat dari lagu yang saya buat untuk kita semua. Jangan sampai tertipu dengan game-game yang malah mendatangkan kerugian bagi kita,” kata Haiqal, pemuda Bireuen kelahiran tahun 1998 silam.

Haiqal Ibrahim saat dihubungi oleh ruangredaksi.com mengatakan, awal mula tercetus ide untuk menciptakan lagu “Chip”, berawal dari dirinya melihat fenomena game domino online yang kian digemari masyarakat dari berbagai kalangan mulai anak-anak sampai orang dewasa.

“Chip” adalah bentuk keresahan yang saya rasakan saat ini, dan saya coba tuangkan dalam bentuk karya,” ujarnya.

Liriknya tak biasa dan unik. Berbahasa Aceh, tapi dengan segala keunikannya yang mencampurkan musik hip hop dengan tradisi Aceh, lagu-lagu ciptaan Haiqal Ibrahim cepat mendapat tempat di masyarakat, khususnya masyarakat Aceh.

Seperti diberitakan disejumlah media online, bahwa virus game judi online saat ini kembali mewabah di Aceh. Bahkan ada rencana akan digelar turnamen game domino di Samadua Aceh Selatan baru-baru ini, namun akhirnya dibatalkan oleh MPU Aceh Selatan.

“Keadaan masyarakat Aceh sekarang, memang sedang maraknya dengan game domino atau chip. Banyak kawan-kawan kita yang menjadi slotters. Siang malam di depan layar smartphone, demi game slot khususnya, tanpa kenal waktu,” tutur Haiqal, rapper yang berdomisili di Kota Juang Bireuen.

Untuk diketahui lebih khusus membahas konten aplikasi Gambling, maraknya pengguna aplikasi Game gambling yang berkedok nama Higgs Domino Island memuat game Slot menggunakan Chip dengan pembelian uang elektronik melalui Top Up Online.

Selain itu, Aplikasi Higgs Domino yang sudah menjamur dibeberapa Kabupaten se Indonesia makin marak dengan adanya transaksi jual beli chip secara offline. Diduga game Higgs Domino memiliki unsur Gambling perjudian yang bisa dimainkan tanpa batas, ruang dan waktu.

Higgs Domino Island yang sudah didownload lebih dari 10 Juta pengguna android dan ios ini dibuat oleh developer Higgs Technology. co Limited beralamat di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat. Game ini memiliki fitur pilihan permainan seperti Domino gaple, Qiu Qiu, Texas Poker, Slot Dou fu Cai, Fafa, dan Dragon.

Ketika ruangredaksi bertanya, apakah “Chip” hasil dari pengalaman pribadinya bermain game domino online atau bukan, Haiqal dengan jujur mengatakan bahwa dirinya bukanlah Seorang slotter. “Tidak, saya sendiri bukan seorang slotter, tapi sebagian kawan-kawan saya ada yang ikut bermain game slot ini,” kata Haiqal yang juga producer musik di Gembul Studio.

Video klip “Chip” yang tayang di Channel Youtube Haiqal Ibrahim digarap sempurna oleh Haiqal dan tim. Berdasarkan deskripsi di video klip tertulis, Directed & Edited : Gembul Studio , Music : Gembul Studio, Cameraman : Bboy Madi, Thank’s : Team Chip SB Coffee Premium Meuhop Gembul Studio Hip Hop Aceh. Meski begitu, Haiqal menyampaikan bahwa semua yang terlibat dalam proses pembuatan video klip “Chip” merupakan teman-temannya.

“Itu semua yang terlibat di video klip “Chip”  adalah kawan-kawan saya sendiri yang sering di panggil Kreb, Leumik, Karton, Madi, Aksal, dan Bo, terima kasih untuk semuanya,” ujarnya.

Lebih lanjut Haiqal menyampaikan bahwa ada pesan yang tersimpan untuk disampaikan dan dipahami dibalik lirik lagu “Chip” ini. “Pesan dari saya untuk kawan-kawan semua, jangan sampai kita tertipu dengan game domino ini. Bukannya mendatangkan manfaat, yang ada malah membuat rugi waktu kita, siang dan malam hanya demi game slot ini,”. tulisnya.

“Ingat kawan, mahar lebih mahal dari pada harga chip hehehe,” tambah Haiqal, yang pada bulan maret 2020 lalu mengikuti sebuah program berjudul All Rise HipHop Youth Summit yang diselenggarakan oleh U.S. Consulate Medan.

Bagi Haiqal, berkarya lewat musik hiphop dengan menggunakan bahasa Aceh merupakan caranya untuk saling mengingatkan antara satu sama lain. “Harapan saya membuat lagu “Chip” ini hanya untuk mengingatkan kawan-kawan kita semua, jangan sampai waktu dan uang terbuang sia-sia bagi hal-hal yang malah mendatangkan mudharat,” ujarnya.

Terakhir Haiqal menuturkan bahwa, kedepannya akan tetap mewarnai belantika musik Indonesia lewat karya-karya hip-hop berbau budaya lokal. “Kita, sih, ingin tetap produktif dalam berkarya, tapi enggak asal buat karya. Karena untuk lagu yang sering saya angkat adalah isu sosial sehari-hari ataupun fenomena yang sedang marak terjadi di Aceh. Harus ada edukasi dan sosialisasi dalam bentuk apapun sesuai segmen kita anak muda,” tutup Haiqal kepada ruangredaksi.com. []

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here