Pangdam IM Peringati Upacara HUT Ke-75 TNI Secara Virtual

0
388
Panglima Kodam Iskandar Muda, Mayjen TNI Hassanudin, SIP MM, bersama Kapolda Aceh, Irjen Pol Wahyu Widada, dan sejumlah pejabat utama Kodam IM, serta Forkopimda Aceh mengikuti upacara HUT Ke-75 TNI secara virtual di Gedung Malahayati Makodam IM, Banda Aceh, Senin (5/10/2020).  (Kodam IM)

Ruangredaksi.com, Banda Aceh – Panglima Kodam Iskandar Muda (Pangdam IM), Mayjen TNI Hassanudin SIP MM, bersama pejabat utama Kodam IM dan unsur Forkopimda Aceh, mengikuti upacara HUT Ke-75 TNI di Gedung Malahayati, Makodam IM, Banda Aceh, Senin (5/10/2020) pagi. Turut hadir dalam upacara itu antara lain, Wali Nanggroe, Kapolda Aceh, Ketua DPRA, Kajati Aceh, Kabinda Aceh, Danlanud Sultan Iskandar Muda (SIM), Kepala Badan Kesbangpol Aceh, dan Forkopimda Banda Aceh.

Upacara ini berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Tak seperti tahun-tahun sebelumnya yang digelar dengan meriah di tempat terbuka dan mengundang warga, peringatan HUT TNI kali ini dilaksanakan secara virtual karena masih dalam situasi pandemi Covid-19.

Upacara HUT Ke-75 TNI dipimpin Presiden Ir H Joko Widodo (Jokowi), sebagai inspektur upacara di Istana Negara, Jakarta. Tema yang diangkat tahun ini yakni “Sinergi untuk Negeri.”

Bertindak sebagai Komandan Upacara, Kolonel Kal Eri Ahmad Harahap. Presiden Jokowi memimpin jalannya mengheningkan cipta pada awal upacara. Selanjutnya, Letda Mar Yafet Basik-Basik, bertindak sebagai Pengucap Sapta Marga.

Pada kesempatan itu, tiga prajurit TNI berprestasi dianugerahi Tanda Kehormatan Republik Indonesia. Bintang Kartika Eka Paksi Nararya diberikan kepada Kolonel Inf Sri Widodo, Bintang Jalasena Nararya diberikan kepada Kapten Mar Suryo Hadil Umam, dan Bintang Swa Bhuana Paksa Nararya diberikan kepada Peltu Sobirin.

Dalam amanatnya, Presiden Jokowi mengucapkan selamat HUT Ke-75 kepada TNI yang tidak hanya dirayakan oleh anggota dan keluarga besar TNI, tapi juga oleh seluruh rakyat Indonesia. Banyak kiprah TNI selama perjalanan panjangnya bagi bangsa dan negara.

“Perjalanan panjang TNI sejak perjuangan kemerdekaan hingga kini menunjukkan bahwa TNI adalah penjaga utama kedaulatan negara, menjaga keutuhan wilayah NKRI yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara,” ujarnya.

Lebih lanjut Presiden mengungkapkan, kontribusi TNI bagi negara tidak hanya melalui operasi militer untuk perang, tapi juga dirasakan melalui operasi militer selain perang seperti sigap membantu masyarakat yang terkena dampak bencana alam hingga saat ini membantu pemerintah untuk menangani pandemi Covid-19.

“Atas nama rakyat Indonesia, saya menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada keluarga besar dan institusi TNI, prajurit yang sedang bertugas di manapun, juga kepada para purnawirawan yang sudah mewariskan institusi dan prajurit TNI yang selalu berbakti untuk kemajuan negeri dalam dunia yang selalu berubah,” pungkas Presiden Joko Widodo. []

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here