Aceh Besar Zona Hijau, Warga Padati Wisata Pantai Lhok Mee Usai Dibuka Kembali

0
238
Mandi di Pantai Lhok Mee, Aceh Besar. Foto: Adi Warsidi/acehkini

Ruangredaksi.com, Jantho – Ribuan warga memadati destinasi wisata Pantai Lhok Mee, kawasan Krueng Raya, Aceh Besar, setelah dibuka kembali usai Idul Fitri 1441 H. Tempat itu sempat tutup karena terdampak COVID-19 sejak awal April 2020. Pesonanya menjadi salah satu favorit warga Banda Aceh dan Aceh Besar untuk berlibur di akhir pekan.

“Lokasi ini baru bukan sepekan setelah idul fitri. Sudah lama tutup,” kata Alvan, salah pengelola kebersihan Pantai Lhok Me kepada acehkini, Minggu (7/6/2020).

Menurutnya, lokasi ini sempat ditutup dan membatasi pengunjung karena terdampak virus corona. Selanjutnya memasuki Ramadhan, praktis lokasi tersebut tidak beraktivitas sampai selesai Idul Fitri. “Hari sangat ramai, semuanya mulai normal kembali,” katanya.

Amatan acehkini, pantai ramai sejak dibuka. Sepanjang 1,5 kilometer garis pantai dipenuhi pondok-pondok wisata, dengan kios-kios pedagang menjual aneka makanan dan minuman, dari kelapa muda sampai menu ikan bakar.

Di pantai, orang dewasa dan anak-anak mandi dalam nuansa pasir putih. Di sebagian lokasi, keindahan bertambah dengan hadirnya pohon-pohon bakau besar yang tumbuh di laut. Pohon-pohon itu menambah kenyamanan bagi anak-anak dari terik matahari.

Ramai warga berkunjung kembali setelah pantai dibuka. Foto: Adi Warsidi/acehkini

Lidia, salah seorang pedagang di Pantai Lhok Me, mengatakan selama lokasi tutup dan pembatasan pengunjung, tidak ada orang berwisata ke sana. Kondisi ini membuat mereka tidak berjualan. “Ya terdampak terhadap ekonomi pedagang di sini,” katanya.

Kabupaten Aceh Besar termasuk dalam zona hijau COVID-19 sesuai edaran yang dikeluarkan Plt Gubernur Aceh bernomor 440/7810 tentang Penerapan Masyarakat Produktif dan Aman Corona (COVID-19) pada Kriteria Zona Merah dan Zona Hijau di Aceh.

Selain Aceh Besar, wilayah lainnya berzona hijau di Aceh adalah: Pidie Jaya, Aceh Singkil, Bireuen, Aceh Jaya, Nagan Raya, Subulussalam, Aceh Tenggara, Aceh Tengah, Aceh Barat, Aceh Selatan, Sabang, Langsa, dan Aceh Timur. [acehkini/kumparan]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here